Grab Akan Akuisisi Dana Untuk Saingin Gojek

Grab akan akuisisi dana untuk saingin Gojek

Perusahaan transportasi on-demand asal Singapura, Grab, dikabarkan tengah dalam obrolan untuk lakukan merger antara OVO dan DANA. Dua proses pembayaran yang beroperasi di Indonesia. Hingga kini Grab akan akuisisi dana untuk saingin Gojek di Indonesia.

Dikutip dari Reuters, Kamis (12//9/2019), upaya penggabungan dua dompet digital itu untuk memperkuat jaringan bisnis Grab sehingga bisa melawan dominasi Gojek, yang memiliki dompet digital bernama Go-Pay.

Kepemilikan Grab atas saham OVO memang tidak bisa dipastikan, tetapi sumber Reuters menyebut jumlahnya cukup besar. Grab sendiri merupakan perusahaan yang memperoleh suntikan dana dari Softbank.

Sedangkan DANA dimiliki PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) dan Ant Financial bolapelangi yang dapat dukungan Alibaba. Grab berencana mengakuisisi DANA dan menggabungkannya bersama dengan OVO.

Bergabungnya DANA dan OVO akan memperketat persaiangan Grab dan Go-Jek, yang merupakan dua startup paling atas di Asia Tenggara. Keduanya sudah beradu dalam proses pembayaran sejak th. 2018.

Di samping itu, Grab dan Gojek termasuk beradu di sejumlah bidang layaknya e-commerce, ride-hailing dan food delivery.

“Itu adalah anggota dari pertempuran antara Grab dan Gojek,” kata salah satu sumber Reuters.

Pihak Grab dan OVO menolak untuk berkomentar tentang kabar ini, begitu pula bersama dengan pihak DANA. Dengan Grab akan akuisisi dana untuk saingin Gojek mungkin akan berjalan baik. Tak hanya itu, pihak Emtek, Ant Financial, dan SoftBank termasuk enggan menanggapinya.

Belum mengetahui berapa nilai kesepakatan untuk mengakuisisi DANA. Namun dalam laporan Finance Asia, disebut valuasi OVO capai USD2,9 miliar. Sedangkan untu valuasi DANA belum bisa ditentukan.

“Keseluruhan susunan kesepakatan mesti dinegosiasikan bersama dengan bank sentral negara itu gara-gara tersedia batasan kepemilikan asing,” ujar sumber tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *